Bekal Ramadhan Meraup Cinta Ilahi

Duhai Saudaraku yang ku cintai karena Allah ,

Yuk mari sejenak kita renungan kan hadits indah berikut ini :

Hadis riwayat Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:


Sesungguhnya apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Dia akan memanggil Jibril dan berkata: Sesungguhnya Aku mencintai si fulan maka cintailah dia! Jibril pun mencintainya. Kemudian Jibril menyeru para penghuni langit: Sesungguhnya Allah mencintai si fulan, maka cintailah dia! Para penghuni langitpun mencintainya. Kemudian dia pun diterima di bumi.” (HR. Muslim)

Coba bayangkan Saudaraku, oh betapa indahnya jika Allah mencintai kita, malaikat jibril mencintai kita, seluruh langit dan selanjutnya kita diterima dibumi, dicintai oleh para penghuni bumi, Subhanallah, Indah nian bukan ?

Mau ?

Jelas kita semua pasti mau khan dan sangat menginginkannya,

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana ya caranya agar Allah SWT mencintai kita ?

Apa yang harus kita lakukan agar kita mendapatkan semua itu ?

Coba Yukk buka hadits Qudsi

Mari kita temukan jawabannya dalam hadis qudsi berikut:


Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: telah bersabda Rasulullah SAW.: “Sesungguhnya Allah telah berfirman: Barangsiapa yang memusuhi wali-Ku maka sesungguhnya Aku telah menyatakan perang kepadanya, dan tidaklah seorang hambaKu mendekatkan diri kepadaKu dengan sesuatu ibadah yang lebih Aku cintai dari apa yang telah Aku wajibkan kepadanya, dan senantiasa seorang hambaKu mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan sunnah hingga Aku mencintainya. Jika Aku mencintainya jadilah aku sebagai pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, dan sebagai penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, dan sebagai tangannya yang ia gunakan untuk berbuat, dan sebagai kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Dan jika ia meminta (sesuatu) kepadaKu pasti Aku akan memberinya, dan jika ia memohon perlindungan kepadaKu pasti Aku akan melindunginya…”

(HR. Bukhary, Al Baihaqi, Ibnu Hibban & at Thabraniy)

Ternyata saudaraku, caranya sangat mudah.


Bila kita ingin mendapat cinta Allah, Allah hanya mensyaratkan kepada kita untuk beribadah kepadaNya. Melaksanakan ibadah yang Allah wajibkan kepada kita dan menambahnya dengan amalan-amalan sunnah.

Ibadah wajib dengan arti yang luas, dari berbagai sisi dan aspek kehidupan, tidak hanya terbatas pada ibadah ritual saja.

Saudaraku, marilah kita laksanakan semua perintah Allah baik yang wajib maupun amalan sunnah.

Sebentar lagi Ramadhan menyapa , bulan yang penuh berkah, bulan dimana hampir semua orang berburu pahala, berlomba dalam kebaikan, sehingga dapat kita simpulkan bahwa bulan romadhan merupakan sarana yang paling efektif dalam meraih cinta Ilahi.


Mari kita manfaatkan momentum Ramadhan ini sebaik mungkin. Jangan sampai ada ibadah wajib yang terlalaikan dan mari kita rengkuh ibadah-ibadah sunnah sebanyak dan sebaik mungkin. Jangan ada waktu kita yang terbuang sia-sia. Kita dekatkan diri kita kepada Allah sehingga kita dapat meraih cinta dan ridhaNya.

Dalam hadis diatas juga dijelaskan bahwa setelah kita berhasil mendapatkan cintaNya, maka

Allah akan menjadi pendengaran kita yang kita gunakan untuk mendengar. maksudnya adalah Allah akan mengontrol pendengaran kita, sehingga kita hanya mendengar sesuatu yang pantas dan boleh kita dengar dan kita tidak akan mendengar sesuatu yang dilarang,

begitu juga dengan pandangan, tangan, kaki dan seluruh tubuh kita akan dikontrol oleh Allah.

Sehingga apapun yang kita lakukan selalu bermuara pada cinta dan keridhaan Allah.

Kalau sudah demikian, apapun yang kita minta Allah pasti memberinya, jika kita berdoa niscaya Allah mengabulkannya

dan bila kita butuh perlindungan Allah akan melindungi dan menjaga kita.

Saudaraku, mari kita raih cinta Ilahi, lalu perhatikan apa yang terjadi.

Tanamkan dihati, kuatkan azzam mu utk selalu menjaga Allah, jagalah Allah dimanapun dirimu berada insya Allah , Allah akan selalu menjagamu

Ya Allah kami mohon cintaMu, cinta orang-orang yang mencintaiMu dan cinta perbuatan yang mendekatkan kami pada cintaMu amiiiin

Iklan

2 pemikiran pada “Bekal Ramadhan Meraup Cinta Ilahi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s