Resah itu bernama keluh

“Manusia .. itulah manusia tempatnya lupa dan alfa ”

Dulu aku selalu menyeringitkan dahi apabila ada kata2 itu diucapkan or dituliskan orang , Pikir ku ” aihh, mau aja jadi tempat tumpahan kesalahan”  namun ternyata benar dan off course benar , manusia itu tempatnya lupa, alfa, jg khilaf ( hehehhe ditambahin) trus manusia itu juga hobby mengeluh apabila kalo merasa ditimpa kesusahan, seperti dalam Quran disebutkan :

Qs Al Maarij ayat 20

“Apabila ia ditimpa kesusahan dia mengeluh

 

Tuh Pas banget kan, Allah SWT sudah menuliskannya di Al Quran itulah karakteristik manusia yang DIA Ciptakan .

#Back to my self

aku mengeluhkan buruknya kacamataku  sepertinya tidak sesuai dengan kemampuannya dulu, apa mungkin harus diganti ?

— ah rasanya malu bila dibandingkan dengan mereka yang tdk bisa melihat dari sejak kecil

aku mengeluh kala letih menyuci dan menyetrika tumpukan cucian selama 2 pekan? dan minta dibelikan mesin cuci ?

— bukannya masih bersyukur karena suamiku sering membantuku disaat jaman sekarang suami2 sudah di care lagi …

aku mengeluhkan buruknya hafalan Quran ku ?

—  mungkin krn terlalu sibuk dan tak bisa memanage waktu

aku sibuk dengan gadget andalan ku

— oh bagaimana dengan amalan andalan ku  ….. 😦

Amalan Andalan … tiba2 kalimat itu seakan menonjok nonjokku diriku, menampar2 semangat ku yang ku rasa mati suri  tertelan sibuknya mengejar yang impian ku , aku terlalu terobsesi utk pencapaian hasil kerja ku , yang baru ku sadar progress nya lamaaa sekali. dan setelah aku evaluasi ternyata i miss something in my self … amalan Andalan

Ku lihat buku evaluasi ku hasil pencapaian 2 semester yang lalu ku dengan nilai gemilang, namun nyata nya 1 semester kesini hasilnya slow down n ga banget ,  just review : 1 semester yang lalu  Hafalan quran ku sudah masuk di pertengahan Juz 27 ,aku sudah hafal Qs Al Waqiah dan Ar Rahman beserta isi2nya… alhamdulillah rasanya Senang sekali , bisa memuluskan Juzz 27  sebelum bulan Ramadhon … tapi ternyata tidak semangat ku luntur ditengah jalan dan baru selesai dibulan Dzulhijah …. (Astagfirullahal adzim )

dan ketika besok ujian per Juzz aku tergugu dengan rangkaian ke dua surat Quran ini  dan ketika ditest suamiku , oh terbata2  lidahku menrangkainya … astagfirullahal adzim

Fenomena hidup dikota besar, sibuk dengan aktivitas yang ada, tergerus zaman, limbung dengan kemacetan jalan yang semakin meradang, adu kepentingan mengalahkan rasa kemanusiaan, merubah rasa melupakan kodrat diri sebagai insan.

dan bila suatu hari Allah bertanya  ” apa yg sudah kau lakukan dengan hidup didunia ?”

apakah masih ada kata yang bisa menjawabnya .

Astagfirullahal adzim

lalu kemana ikrar suci ku sematkan diujung syahadat ku “Hidup ku, Matiku, Ibadahku hanya utk Mu Ya Allah ”

Astagfirullahal adzim

aku malu ya Robb terimalah taubatku ini

 

#Me

no Execuse  and push my self to limit .

 

 

 

 

Islamic Parenting

biasa hari ahad biasanya identik dengan istirohat , yup mengistirahatkan badan dan fikiran setelah dapat jatah libur 2 hari dalam sepekan. tapi seperti biasa ahad2 yang lalu  kami melewatikan ahad dgn keluar rumah menghadiri beberapa agenda mppzzzh mulai dari pagi dgn kelas bahasa arab,setelah dzuhur aku ke al azhar menghadiri seminar islamic parenting  dan sorenya ke Jcc ngambil barang  sedangkan suamiku dia menghadiri acara arisan keluarga di Plumpang Tanjung Priuk .. duh maaf ya mas ga bisa nemenin :).   Buat aku datang keseminar yang bertajuk Parenting ini adalah yang pertama, persiapan untuk menjadi ibu gitu lhooo .. persiapan diri ga ada salahnya dong :).  makanya acr dikhusus kan untuk Para orangtua n calon orangtua , tuh ga rugi kan .Seminar Islamic Parenting kali ini bertajuk “Anakku, Jalanku menuju syurga” dibawakan oleh doktor Soesilawati Yasman, seorang ibu dan juga sekaligus seorang staff ahli kementrian sosial Indonesia. dari materi yang disampaikan  adalah perlunya kedekatan emotional antara orangtua dan anak. adakalanya orangtua terlalu mempush keinginan mereka pada anak tanpa melihat suka atau tidak sukanya anak melakukannya.  anak sering kali mendapatkan siraman kata panas dan pedas buah dari kejengkelan orangtua …

wah kalo udah kayak gini mustahil deh muncul rasa kepercayaan anak pd orangtua hingga timbullah perdebatan, anak sering malas belajar, rasa tidak dihargai dan sebagainya sehingga kasus kejahatan yang dilakukan oleh anak2 dibawah umur bisa jadi satu indikasi ketidakbahagiaanya anak dirumah karena perlakukan dari orangtua. Nah kalo udah kayak gini baru sadar deh banyak yang salah selama ini dalam pola mengasuh anak. hihihi

dan ternyata    seorang anak laki laki harus sering mendapatkan ciuman atau belaian lebih dari orangtua hingga sampai dia besar karena :

1. Karena laki2adalah calon pemimpin keluarga, dia harus memiliki kehalusan hati

 2. Agar orangtua tahu apa yang dimakan/minum anak dari mulutnya

3. agar anak memiliki rasa emotional yang tinggi pada ibunya

hayoooo disiapkan  persiapakan diri jadi orangtua yang bijak bagi anak2nya .. mariiii 🙂

Tentang Me & Pcos

Tempo hari  setelah dari dokter kandungan dan mengetahui bahwa  haidku terlambat 2 bulan, disertai nyeri pegal bagian pinggul, rasa mual dan pusing namun hasil testpack beberapa kali negatif setelah dilakukan Usg Tv  dokter tidak menemukan  tanda2 kehamilan. Jadi tanda2 seperti nyeri pegal bagian pinggul (bisa diartikan kalo tdk salah ) bahwa ada penebalan dinding rahim dimana ada 7 folikel berderet namun tidak matang akan ini luruh jadi ini semacam tanda2 akan datangnya haid, kista di ovarium ku juga masih ada .Bu Dokter memberiku semangat semoga  setelah haid ini hadir yang slama ini ditunggu2 katanya J ah jadi makin optimis  pulangnya aku dikasih 2 macam obat yang diminum selama 30 hari ( Penurun insulin dan Vitamin) disertai wejangan diet dan olahraga minimal aku menurunkan 3 kg . intinya sich utk menurunkan berat badan kalori yang masuk dan aktivitas bergerak yang dijalani hasilnya harus minus .. dan itu berdampak dari beratku 65 kg turun 63 kg dalam waktu sebulan (salahsatu krn faktor Shaum Ramadhan dan olahraga jg :d ) Alhamdulillah skrg hampir tiap hari aku olahraga n yoga 45 menit,  di 5 menit terakhir aku n suami melakukan senam double, (aku mempraktekkannya dari majalah femina edisi lawas :D)  itu lhooo yg saling tarik menarik itu  hal itu terbukti ampuh n pendinginan.

Dari baca buku ensiklopedia kehamilan dan hasil googling wara wiri sesungguhnya banyak wanita memiliki kista ovarium jinak yang tidak mempengaruhi fertilitasnya tapi Sindrom Ovarium polistik dgn bahasa kerrennya ( Polystic ovary Sindrome ) mengganggu ovulasi dan karenanya dapat menyebabkan ketidaksuburan .. PCOS terjadi karena FSH dan LH tidak berfungsi scr normal yg biasanya sering dikaitkan dgn hormon pria.  Ovarium yang dipenuhi kista yang sebenarnya adalah folikel tidak matang yang gagal melepaskan sel telur.

Penderitanya biasanya mengalami haid yang tidak teratur kecenderungan mengalami obesitas (kelebihan berat badan ) dan bulu tubuh yang berlebihan.Bagi sebagian orang solusi dari Pcos adalah penurunan berat badan jika terapi obat dibutuhkan tujuannya adalah untuk menstimulasi ovulasi dan menghasilkan selur telur yang sehat.

Dan ini menjadi salahsatu faktor biasanya setelah menurunkan berat badan banyak wanita yang berovulasi dengan normal . dengan demikian harus seimbang antara istirahat yang cukup, olahraga dan gizi yang terpenuhi. Dan untuk terapi obat yang bisa diberikan adalah

1.Klomifen untuk memacu ovulasi
2.Injeksi FSH pada wanita yang resitensi terhadap klomifen.

Dan benar setelah aku mengonsumsi obat penurun insulin dan vitamin untuk sebulan setelah obat habis  dan aku control  ke Obgyn,u Dokter memberiku obat utk merangsang ovulasi , klomifen dan tentunya saran agar aku tetap rajin olahraga dan menghindari fastfood. 

Oh ya Ada artikel yang kubaca Pemerintah Inggris menyatakan wanita dilarang menjalani perawatan kesuburan jika memiliki IMT di atas 30 .. nah lhoo 😀 .  

Tugas kita berusaha dan berdoa namun semua kembali pd Allah SWT 🙂 Mudahkanlah ikhtiar kami  ya Robb … aamiin 

Note :

Klomifen adalah senyawa non-steroid sintetik yang merangsang pematangan folikel, sehingga terjadi Ovulasi sumber www.kamuskesehatan.com

Ovulasi adalah proses pelepasan telur yang telah matang tersebut dari dalam rahim untuk kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi, sumber http://www.biohealthwealth.com

 

You are what you eat

Guna menjaga pola makan bebas kolesterol tinggi, kita juga perlu mengetahui nilai informasi kandungan kolesterol pada setiap makanan yang kita asup. Dibawah ini terlampir gizi yang ada disetiap makanan yang kita asup antara lain:

                                   Makanan dengan kandungan Rendah Kolesterol

Jenis Makanan

Kolestrol(mg/10 gr) (+)

Putih telur ayam 0
Teripang 0
Susu sapi non-fat 0
Daging ayam / bebek tanpa kulit 50
Ikan air tawar 55
Daging sapi pilihan tanpa lemak 60
Daging kelinci 65
Daging kambing tanpa lemak 70
Ikan ekor kuning 85

 

Jenis makanan yang boleh dikonsumsi sesekali.

Jenis Makanan

Kolestrol(mg/10 gr) (+)

Daging Asap 98
Iga sapi 100
Iga Babi 105
Daging Sapi dengan lemak 105
Burung Dara 120
Ikan Bawal 120

Makanan yang memiliki kandungan Tinggi Kolesterol

 

Jenis Makanan

Kolestrol(mg/10 gr) (+)

Daging Sapi berlemak 125
Iga sapi 100
Iga Babi 105
Daging Sapi dengan lemak 105
Burung Dara 120
Ikan Bawal 120
Gajih Sapi 130
Gajih Kambing 130
Daging Babi berlemak 130
Keju 140
Sosis Daging 150
Kepiting 150
Udang 160
Kerang 160
Siput 160
Belut 185
Santan 185
Gajih Babi 200
Susu sapi 250
Susu sapi cream 280
Coklat 290
Margarine / Mentega 300
Jeroan Sapi 380
Jeroan Babi 420
Kearng Putih / tiram 450
Jeroan Kambing 610
Cumi-cumi 1170
Kuning Telur Ayam 2000
Otak Sapi 2300
Otak Babi 3100
Telur Burung Puyuh 3640

Dengan demikian Anda sudah memiliki gambaran untuk melakukan pemilahan makanan terhadap menu keseharaian Anda. Penting adanya untuk tetap menanamkan gambaran akibat yang ditimbulkan oleh kejamnya ancaman kolesterol ketimbang membayangkan nikmatnya menyantap hidangan-hidangan yang hanya terlihat menggiurkan.[](DA)

 diambil dari sini klik dokter